banner

Saturday, July 16, 2011

Sejarah Kota Cikampek

·

Sudah berapa tahun kita tinggal di Cikampek? lahir dan dibesarkan di Cikampek ? bahkan ada juga yang akhir hayatnya di Cikampek, bukan?.

Bagi sebagian kita, pernah mengalami hidup di Cikampek pada Era 70-an, 80-an, 90-an, dimana terasa sekali perkembangan kota Cikampek ini, Mall Cikampek dulu tahun 90-an masihlah hamparan sawah, pusat pertokoan masih terpusat di sekitar area pasar, makam pahlawan masih belum menjadi masjid .. dan masih banyak lagi hal lainnya.





Data terakhir yang diperoleh melalui Wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Cikampek,_Karawang populasi penduduk cikampek adalah k.l. 300.000 jiwa, dengan kepadatan penduduk 50 jiwa / km persegi. Namun jika melihat pada perkembangan yang ada, baik kawasan industri, perumahan - perumahan, pergerakan ekonomi yang semakin pesat, rasanya sudah melampaui dari angka tersebut.

Tetapi, masih ada yang kurang dari semua perkembangan itu ... masyarakat, generasi ke generasi, jika ditanya bagaimana sejarah kota Cikampek .. maka semua akan menggeleng tidak tahu dan atau hanya tahu sedikit saja.

Apakah kita tidak ingin tahu, bagaimana Cikampek dulunya? saat jaman kerajaan Pajajaran? jaman kerajaan Kalingga ? Masuknya Islam, dan penyerbuan Mataram ke Batavia tentu melalui Cikampek bukan? tokoh-tokoh yang tersangkut dengan Cikampek ... bentuk Cikampek saat dulu itu, apakah sebuah dusun kecil, sebuah hutan, atau sebuah komplek situs kerajaan? dan lain - lain.

Belum lagi pada masa kemerdekaan, dimana BKR ( dibentuk pada 23 Agustus 1945) dan dipimpin Mayor Daan Mogot (saat itu berusia 16 tahun) membentuk Resimen Cikampek yang dikomandani oleh : Sadikin, Darsono, yang menunjukkan betapa pentingnya Cikampek pada masa perjuangan.
Beberapa generasi tua masyarakat Cikampek yang hidup di era 45-an tinggal sedikit, baik kakek - nenek maupun orangtua, alangkah baiknya jika kita mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit riwayat cikampek dari mereka-mereka.


Dengan semakin banyaknya alumni SMAN Cikampek dan sekolah-sekolah lain di kota ini, masyarakat terpelajar yang notabene asli urang Cikampek... adalah merupakan sebuah kearifan untuk mendorong pemerintah daerah Kecamatan Cikampek khususnya dan Kabupaten Karawang pada umumnya, untuk mulai menggali sejarah, artifak yang ada di Cikampek, membangun perpustakaan umum dan museum pengarsipan sejarah, baik berupa naskah - naskah, foto-foto, kliping surat kabar tempo dulu, benda bersejarah serta pendataan tempat-tempat bersejarah.

Karena dengan terkumpulnya dan terpeliharanya sejarah itu, maka jati diri Cikampek akan semakin jelas terpatri di diri semua generasi dan masyarakat yang hidup / pernah dibesarkan di Cikampek.

Bukankah sangat baik jika sejarah Cikampek dikumpulkan, disebarkan dan dipelihara oleh anak cucu keturunan dari masyarakat Cikampek sendiri?

Sumber dari http://almamatersmancikampek.blogspot.com

0 komentar:

banner


Pengunjung Hari Ini

Waktu Shalat & Jadwal Imsak


Daftar Posting

Artikel Populer

Sponsor Kami